Senin, 25 September 2017

Sederhana, Namun Menyehatkan



Sederhana, Namun Menyehatkan

Berbicara mengenai ayam dan telur, pasti aku akan selalu teringat pada kampung halamanku.. Tempat dimana aku dan saudara ku dibesarkan. Tinggal semenjak dillahirkan di salah satu daerah penghasil telur terbesar di Sulawesi selatan, tentunya mengkonsumsi telur ayam pun sudah menjadi hal yang biasa aku konsumsi. Bahkan bisa dikatakan bahwa hampir setiap hari, selalu ada hidangan telur yang menjadi menu santapan di meja makan. Hal ini karena selain harga telur di daerah ku yang terbilang cukup ekonomis, kandungan gizi yang terdapat pada telur pun menjadi pertimbangan sehingga aku selalu rutin mengkonsumsinya. Bahkan  sampai sekarang aku masih rutin mengkonsumsi telur. Meskipun aku tak lagi menetap di  kampung halaman selama masuk universitas. 

Tapi yang mengherankan saat ini, mengapa kebanyakan orang  tidak suka mengkonsumsi telur ? Apakah mereka belum tahu nutrisi dari telur ? atau takut kolestrol ? 

Apa manfaat telur ? Mengapa saya rutin mengkonsumsinya ?
Kaya protein.
Telur mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan pembentuk utama pada tubuh kita yang memiliki banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat. Dalam sebutir telur, terdapat protein sekitar 6,5 gram. Selain itu di dalam sebutir telur juga mengandung asam amino. Di dalam telur ada setidaknya 9 jenis dari asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. 

Menyehatkan mata.
Ada yang ingin punya mata sehat tidak ?  pastinya semuanya mau kan ?.  Selain kaya protein, telur juga  bagus untuk kesehatan mata karena mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A. Menurut sebuah studi, sebutir telur sehari bisa mencegah degenerasi mata karena karotenoid yang dikandungnya, khususnya lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi lebih mudah didapat pada telur daripada dari sumber lain. Sebuah  penelitian juga menemukan bahwa mereka yang mendapat asupan telur setiap hari menurunkan resiko mengalami katarak. Hal ini juga karena kandungan karotenoid pada telur.
Membantu perkembangan otak
Punya teman, kerabat, atau sobat  sendiri  sedang hamil ? Jika iya, rajinlah mengkonsumsi telur. Mengapa ?



Bagian putih telur ternyata  mengandung vitamin esential yang berupa vitamin B, folat dan kolin bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya. Folat juga bagus digunakan dalam membantu perkembangan otak janin, mengurangi resiko bayi terlahir secara prematur, mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan lain-lain. Sedangkan, kandungan kolin pada telur bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan sel tubuh yang sehat. Kolin menjadi salah satu jenis nutrisi yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bukan hanya bagus untuk otak, namun kolin juga berperan dalam membantu dalam membangun membran sel serta memproduksi molekul sinyal pada otak serta mempebaiki fungsi daya ingat otak dan lain-lain.

Tidak membuat kolesterol meningkat.
Masih sih, bukannya telur mengandung kolestrol tinggi ?.
Dalam sebutir telur terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 210 mg. Namun, ada hal yang harus diluruskan disini yaitu ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, tidak serta merta membuat kolesterol dalam tubuh kita meningkat. Mengapa ?

INGAT, di dunia ini ada sesuatu yang baik dan jahat. Begitupun juga  dengan kolesterol, ada yang baik (HDL) dan ada pula yang jahat (LDL). HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik, yang membantu membuang LDL dari dalam darah. Sedangkan LDL  (Low Density Lipoportei) adalah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan  dalam Journal of American College of Nutrition pun menunjukkan bahwa risiko penyakit kardiovaskuler pada l aki – laki dan perempuan tidak meningkat dengan meningkatnya konsumsi telur. Bahkan sebaliknya, dari temuan mereka setelah menganalisis lebih dari 27.000 subyek, diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi telur memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan yang tidak makan telur. Namun, bagi yang memang memiliki kolestrol tinggi juga perlu berhati-hati.  Sebaiknya  membatasi konsumsi telur terkhusus kuning telur serta  lebih di sarankan mengkonsumsi putih telurnya.

Membantu program diet.
Telur memiliki kandungan rendah kalori dengan  kandungan protein tinggi. Protein inilah  yang dapat membuat perut terasa kenyang. Sehingga kita pun akan terhindar dari rasa ingin makan berlebih dan dengan sendirinya mampu mengurangi berat badan anda. Untuk mendapat gizi serta nutrisi yang lebih sehat lagi, kita dapat mengkombinasikan telur dengan asupan yang lain seperti gandum utuh, telur serta sayur dan berbagai menu sehat yang lain. Jadi, jangan ragu menanbahkan telur dalam daftar menu diet kalian


Menyehatkan Tulang
Sehat tidaknya tulang menjadi penentu lancar tidaknya aktivitas harian yang akan kita lakukan.  Telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengereposan tulang jika dipadu dengan makanan dengan sumber sumber kalsium. Selain itu, bagian telur yang berwarna putih juga dapat digunakan sebagai obat untuk luka serta penderita tulang.

Memelihara kesehatan rambut
Memiliki rambut maupun kuku sehat tentunya merupakan idaman semua orang. Telur merupakan salah satu asupan yang baik bagi kesehatan rambut. Hal ini dkarenakan telur memiliki banyak kandungan sehat seperti vitamin A, vitamin E, asam amino serta mineral.  Beragam asupan seperti vitamin A, vitamin B12, sulfur inilah yang akan menjadi lebih kuat dan sehat dan yang pasti tidak mudah mengalami gangguan rambut.


Kok..kok..kok..kok . Dari tadi kok cuma bahas telur , Bagaimana dengan ayam ?
Berbeda dengan telur, mengkonsumsi daging ayam justru merupakan kegemaran sebagian besar orang, apalagi kalau ayam KFC atu sejenisnya. Namun, apakah kalian sudah mengetahui kandungan nutrisi maupun manfaat mengkonsumsinya ?  Kalau belum, Yuk di simak !

Kandungan nutrisi. Menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.
  
Selain itu, American Heart Association pun kini telah menyarankan untuk mengkonsumsi ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah, untuk menurunkan resiko perkembangan penyakit jantung, kolesterol dan lainnya. AHA juga mengatakan bahwa konsumsi ayam atau ikan juga harus dibatasi, karena konsumsi yang lebih tinggi juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.
Jadi, untuk sehat dan cerdas tak selalu harus konsumsi makanan mahal. Konsumsi telur secara rutin pun bisa dan jangan lupa ayamnya juga. Tapi ingat, jangan berlebihan !

“Mau Sehat & Cerdas? Yuk Makan Ayam dan Telur"

Selamat  Hari Ayam dan Telur Nasional   





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sederhana, Namun Menyehatkan

Sederhana, Namun Menyehatkan Berbicara mengenai ayam dan telur, pasti aku akan selalu teringat pada kampung halamanku.. Te...